Media Pembelajaran IPS SMP

IPS adalah Kehidupan Sosial di Masyarakat, oleh karena itu masyarakat lah yang menjadi sumber pembelajaran utama IPS. Apapun aspek kekhidupan sosial yang akan kita pelajari dapat mengambil sumber dari masyarakat

MATERI IPS DAN SUMBER PEMBELAJARAN

1.Kekhidupan nyata masyarakat. Cerita-cerita Rakyat, Novel ,K isah tokoh terkenal , oleh karena itu sumber pembelajaran IPS bisa buku, majalah, surat kabar.
2.Berita (lokal, regional. Nasional, global) oleh karena itu sumber pembelajaran IPS berupa surat khabar, radio, TV, internet
3.Sejarah – sumb. PBM IPS prasasti, candi, dokumen, fosil, Museum.
4. Kehidupan sosial dengan segala aspeknya. – kita tak dapat kt pelajari langsung dari sumbernya, mk perlu perantara/media pemb IPS

(hal/benda yang tak dapat diamati/dipelajari scr langsung dapat disajikan dalam gambar, potret, peta buku, majalah, atau benda lain yang sejenis, alat/perantra ini disebut Media cetak.

Sedangkan media radio dan TV termasuk media elektronik.
Media komunikasi merupakan Sumber pembelajaran
MEDIA ELEKTRONIK
Media Audio
Media visual
Media audio visual
Klise, OHP, film.
Internet

EVALUASI PEMBELAJARAN IPS
1.Evaluasi merupakan penilaian program, paroses dan hasil peandidikan.
2.Evaluasi dapat diartikan sebagai suatu pengukuran.
3.Evaluasi dapat bersifat kualitatif dan juga bersifat kuantitatif.
4.Evaluasi kualitatif hasilnya beruapa peringkatsangat baik, baik, sedang, kurang, sangat kurang
5.Evaluasi kuantitatif berupa angka-angka hasil pengukuran

FUNGSI Evaluasi:
1. Fungsi evaluasi pembelajaran bagi guru adalah mengungkapkan kelemahan proses kegiatan mengajar meliputi bobot materi yang disajikan, metode yang diterapkan, media yang digunakan, dan strategi yang dilaksanakan.-
2. Fungsi evaluasi bagi siswa yaitu
-mengungkapkan penguasaan materi pembelajaran
- Mengungkapkan kemajuan individual maupun kelompok dalam mempelajari IPS

ASAS EVALUASI
Asas komprehensif : evaluasi harus meliputi keseluruhan pribadi siswa yang dievaluasi.(kognitif, afektif, psikomotor)
Asas Kontinuitas: evaluasi wajib dilaksanakan scr berkesinambungan mulai dari pra- saat proses- dan pasca pembelajaran.
Asas Obyektif : Evaluasi seharusnya menilai dan mengukur apa adanya / non subyektif-
Hendaknya guru IPS setiap merancang test sebaiknya sesuai dengan asas-asas di atas

Evaluasi dapat berupa tes dan Non test.
Bentuk test obyektif, test esay, test lisan.
Sedangkan nontest meliputi tugas dan penampilan